Kamis, 01 Maret 2012

Sejarah SMKN 1 ADIWERNA


Pada tanggal 7 Januari 1978, berdiri STM Pemda Tegal yang beralamat di Jalan Gajah Mada 84 Kota Tegal. Sekolah tersebut didirikan berdasarkan SK Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Tegal (No.:  Sekr. VI/01/14/Kpts/78).

 Kemudian pada tanggal 1 April 1979, STM Pemda Tegal di-negeri-kan statusnya dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (No. : 0190/0/1979) dan menjadi STM Negeri Tegal.
Melalui bantuan Asian Development Bank (ADB) tahun 1982, didirikan bangunan baru beserta segala fasilitasnya yang cukup lengkap di atas areal tanah seluas 4,8 hektare yang berlokasi di   Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Mulai tahun 1985 seluruh aktifitas sekolah dipindahkan ke lokasi baru di Adiwerna dan dikenal luas dengan sebutan STM ADB Tegal.
Dengan adanya perubahan Nomenklatur SMKTA menjadi SMK pada tahun 1997, maka berdasar kan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 036/0/1997 menjadikan STM Negeri Tegal atau yang lebih dikenal STM ADB Tegal berubah sebutannya menjadi  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.
Sampai saat ini  SMK Negeri 1 Adiwerna memiliki 5 (lima) Kompetensi keahlian (jurusan), yaitu :
1. Teknik Gambar Bangunan
2. Teknik Audio Video
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
4. Teknik Pemesinan
5. Teknik Kendaraan Ringan
Jumlah kelas sebanyak 45 kelas, dengan jumlah siswa sebanyak 1484 siswa. Tenaga kependidikan (guru) sebanyak 114 orang dan tenaga non kependidikan sebanyak 30 orang. Secara geografis SMK Negeri 1 Adiwerna terletak di daerah industri yang maju, khususnya industri-industri rumah tangga (home industry) yang bergerak di bidang pengolahan dan rekayasa logam. Potensi tersebut sangat mendukung keberadaan sekolah, karena SMK Negeri 1 Adiwerna senantiasa berupaya dapat bersinergi dengan industri-industri tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar